5 Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

ADVERTISEMENT
Info Kesehatan - Apokat (KBBI: Avokad), avokad, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Manfaat Biji Alpukat Untuk Kesehatan
Buah Alpukat (avokad)

Menurut sebuah penelitian, biji alpukat mengandung senyawa antioksidan bernama fenol yang membantu dalam menurunkan kolesterol, hipertensi, mencegah diabetes, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biji alpukat juga diperkaya dengan sifat sehat lainnya seperti anti mikroba.

Berikut adalah manfaat biji alpukat untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi biji alpukat :


1. Tinggi akan antioksidan
Penelitian menunjukkan bahwa biji alpukat mengandung 70% antioksidan fenolik yang terbukti dapat mengurangi kolesterol serta memerangi efek buruk radikal bebas.


2. Mendukung kesehatan jantung
Sifat anti inflamasi yang ada dalam biji alpukat membantu mencegah plak di arteri sehingga bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke dan mendukung kesehatan jantung.

10 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Meredakan nyeri sendi
Biji alpukat sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi. Biji alpukat ini juga diperkaya dengan sifat anti jamur dan dapat mengurangi berbagai bentuk radang dan kanker.


4. Meningkatkan pencernaan
Biji alpukat membantu memerangi berbagai masalah pencernaan seperti maag, disentri, hingga risiko kanker usus.


5. Kaya serat
Biji alpukat kaya akan serat larut yang sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan serta mengurangi kolesterol maupun hipertensi.

Demikianlah mengenai 5 manfaat biji alpukat untuk kesehatan, semoga artikel kesehatan ini bermanfaat untuk anda.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar semua orang tahu tentang manfaat biji alpukat ini.