Mengenal Gejala Dan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Info Kesehatan - Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian pertahanan tubuh yang dibutuhkan tubuh, bahkan pada rahang bagian bawah terdapat 600 kelenjar getah bening. Penyebab timbulnya pembengkakan kanker kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh sel sel pertahanan tubuh yang makn bertambah yang bersumber dari KGB antara lain sel plasma, limfosit, histiosit, dan monosit.

Saat Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, akan ada gejala dan ciri ciri yang khas. Berikut gejala pembengkakan pada kanker kelenjar getah bening yang perlu Anda ketahui.

Kelenjar Getah Bening
ilustrasi Kelenjar Getah Bening

Penyakit kelenjar getah bening merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui gejalanya sedini mungkin agar pengobatannya bisa lebih cepat. Ketika terjadi pembengkakan kelenjar getah benning di dalam tubuh, sebenarnya ini merupakan pertanda ada sesuatu yang salah. Pada tahap awal penyakit ini tidak terlihat gejalanya secara serius. Pada awal terjadi pembengkakan, memang terasa sangat lembut dan benjolan yang ada juga tidak terlalu besar. Besarnya benjolan hanya sebesar kacang polong atau kacang tanah.

Gejala yang umum muncul saat terjadi penyakit kelenjar getah bening misalnya sakit tenggorokan, pilek, demam dan gejala lain yang menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Selain tanda-tanda tersebut, kadang juga terjadi pembengkakan pada tungkai. Pembengkakan ini terjadi karena sistem pada saluran getah bening mengalami penyumbatan sehingga kelenjar getah bening yang ada di bawahnya terjadi pembengkakan. Gejala seperti timbul keringat pada malam hari juga bisa menjadi pertanda penyakit kelenjar getah bening. Ketika gejala-gejala seperti yang telah di sebut di atas terus terjadi dan pembengkakan semakin besar, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapat keterangan dari dokter.

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening

Penyakit kelenjar getah bening itu sendiri bisa dipicu oleh bermacam penyebab. Penyebab tersebut bisa terjadi akibat infeksi lokal atau infeksi di luar kelenjar yang membengkak. Infeksi jenis ini umumnya tidak bisa menyebab ke bagian tubuh lain. Beberapa contoh infeksi tersebut antara lain infeksi telinga, abses gigi, pilek, radang amandel, dan radang pita suara, serta infeksi kulit selulitis.

Selain infeksi lokal, membengkaknya kelenjar getah bening ini jga bisa diakibatkan oleh adanya ancaman virus, bakteri, dan lainnya. Berikut ini adalah penyebab umum yang memicu kanker getah bening.

  1. Akibat faktor genetik atau keturunan
  2. Melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit
  3. Konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia atau mengandung pestisida dan pengawet
  4. Kurang aktifitas fisik dan jarang olahraga
  5. Sering mengonsumsi minum-minuman yang memiliki kandungan alkohol
  6. Jarang minum air putih
  7. Gaya hidup kurang sehat dan akibat merokok

Selain penyebab umum di atas, kanker getah bening juga bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut.

Kanker darah
Kanker darah berbeda dengan kanker biasa sehingga tidak terlalu tampak terlihat. Akan tetapi ketika seseorang mengalami penyakit kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening cukup banyak dan menjadi tidak terkontrol. Kondisi ini disebut dengan limfoma atau leukemia.

Peradangan
Peradangan di dalam tubuh bisa terjadi oleh banyak hal misalnya infeksi zat-zat asing. Peradangan yang terjadi di dalam tubuh juga dapat memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Virus
Jenis virus tertentu juga dapat memicu timbulnya penyakit kelenjar getah bening pada tubuh. Pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh virus biasanya diawali dengan demam dan gangguan tubuh lain.

Kanker getah bening ini juga bisa muncul diakibatkan penyakit TBC. Mengetahui gejala kelenjar getah bening dan ciri cirinya perlu Anda ketahui sejak dini agar sedini mungkin dapat dilakukan pemeriksaan oleh Dokte.

Via Nitips