Tahukah Kamu Penyebab Payudara Kendur dan Turun?

ADVERTISEMENT
Info Kesehatan - Payudara (bahasa Latin: mamma) adalah organ tubuh bagian atas dada dari spesies mamalia, termasuk manusia. Berbeda dengan yang jantan, payudara mamalia betina memiliki kelenjar susu yang berfungsi untuk memompa susu bagi bayinya (Wikipedia).

 Payudara Kendur dan Turun
ilutrasi
Payudara kendur sering dialami ibu yang menyusui. Dan kekhawatiran tersebut juga dirasakan wanita yang menggunakan implan di payudaranya. Namun sebuah penelitian menemukan, menyusui bukanlah yang membuat payudara kendur.

Studi itu mengamati 119 wanita dengan implan payudara. "Payudara kendur sering dialami setelah melahirkan, itu hasil dari perubahan yang dibawa oleh kehamilan itu sendiri, bukan menyusui," kata penulis penelitian Dr Norma Cruz, yang juga merupakan profesor operasi plastik di University of Puerto Rico School of Medicine di San Juan seperti dilansir Relaxnews.

Dr Cruz juga mengatakan, menyusui tidak membuat payudara wanita yang dibesarkan ukurannya menjadi melorot.

Cruz mempresentasikan temuannya itu dalam pertemuan ilmiah tahunan Society of Plastic Surgeons di San Diego, California.

Karena itu agar terhindar dari masalah payudara yang kendur dan turun kenali 10 penyebab payudara kendur dan turun berikut ini:

1. Setelah Melahirkan Dan Menyusui.
Wanita melahirkan dan menyusui merupakan penyebab utama dari terjadinya payudara kendur dan tidak kencang lagi. Hal ini memang proses secara alami, tapi ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi payudara kendur setelah menyusui tentu saja dengan perawatan payudara secara rutin.

 
2. Salah memilih bra
Penyebab pertama yang membuat payudara wanita menjadi tidak kencang dan padat adalah kesalahan dalam memilih bra. Bila dilihat bra merupakan hal yang sepele karena hanya terkait dengan pakaian dalam saja, tapi perlu diingat sesuatu yang sepele kadang menjadi sebuah bumerang tersendiri bagi diri kita. Contoh sederhananya pembuangan sampah tidak pada tempatnya merupakan hal yang sepele dan pada awalnya biasa saja, namun bila dibiarkan akan berdampak pada penyakit dan banjir. Nah, begitu juga dengan payudara seorang wanita bila dibiarkan terus menerus menggunakan bra yang kekecilan akan menjadi benar-benar kecil dan timbul rasa sakit dan bila menggunakan bra yang kebesaran akan membuat payudara turun dan kendur. Jangan biarkan anda menjadi salah satu wanita yang harus pasrah memiliki payudara yang kendur dan lembek karena hal yang sepele ini.

3. Merokok
Seperti dilansir MayoClinic, pengenduran payudara pada remaja dapat disebabkan karena merokok. Disaat merokok akan banyak sekali menimbulkan asap dan sudah pastinya sedikit banyak akan ada asap yang masuk kedalam tubuh. Nah didalam asap rokok inilah terkandung karsinogen yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena merusak serat elastin. Perlu anda semua ketahui serat elastin inilah yang memiliki fungsi sebagai sistem pertahanan yang menjaga kelenturan dan elastisitas kulit payudara sehingga tetap kencang, padat dan berisi.

4. Tidur miring
Tidur miring akan membuat payudara kendur. Hal ini bisa terjadi karena pada saat tidur miring payudara tidak ada yang menyangga sama sekali kecuali oleh BH, sehingga payudara tertarik ke bawah. Dengan tidur terlentang payudara disangga oleh tubuh.


5. Kekurang gizi
Faktor yang penting adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi yand dapat mengencangkan kulit. Kekurang gizi juga akan memicu timbulnya penyakit seperti TBC atau kanker. Makanan seperti kubis, kacang kedelai, tempe, susu kedelai, dan bawang putih sangat bagus untuk mencegah kanker payudara.

6. Hormon estrogen menurun
Hormon estrogen mempengaruhi tumbuhnya payudara. Pada masa menopause, kelenjar esterogen akan menurun yang mengakibatkan saluran kelenjar susu pun akan menyusut.

7. Perubahan berat badan
Ketebalan lemak cenderung berubah-ubah ketika berat badan bertambah atau berkurang. Perubahan berat badan mempengaruhi kekenyalan payudara ini. Karena, payudara terdiri atas lemak dan kelenjar susu. Tujuh puluh persen lemak bercampur dengan kelenjar susu dan membentuk payudara. Lemak sisanya terdapat pada lapisan di bawah kulit payudara.

8. Penyakit Tertentu
Payudara akan menjadi kendur dan tidak kencang lagi apabila mengidap penyakit seperti kanker payudara. Wanita yang terserang penyakit kanker payudara biasanya akan membuat payudara berubah menjadi kecil sehingga menjadi kehilangan kekencangan dan kekenyalannya.

9. Tidak ada penyangga
Tidak adanya penyangga payudara akan membuat payudara akan tertarik ke bawah dan mudah terguncang. Membiasakan diri tanpa BH akan membuatnya kendur, apalagi ukuran payudara tergolong besar.

10. Terlalu besar dan terguncang
Berat payudara mempengaruhi tarikan gravitasi. Semakin besar ukuran payudara, maka semakin besar juga gaya gravitasinya. Dengan ditambahnya adanya guncangan yang terlalu sering juga menyebabkan payudara mengendur.

Demikian artikel mengenai tentang 10 penyebab payudara kendur dan turun, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.