5 Bahan Alami Ini Bisa Kuatkan Kuku

Info Kesehatan - Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Kuku tangan
Kuku tangan manusia [Wikipedia]

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh (wikipedia).

Kuku kaki
Kuku kaki manusia [Wikipedia]

Dari pada menghabiskan sejumlah uang ke salon kecantikan, mungkin Anda bisa mencoba bahan alami di rumah untuk merawat kuku. Setidaknya ada tiga bahan makanan yang bisa membuat kuku lebih kuat dan tidak mudah patah. Apa saja?

Berikut 5 Bahan Alami Ini Bisa Kuatkan Kuku :


1. Almond
Almond kaya akan vitamin E yang dapat merangsang pertumbuhan kuku menjadi lebih kuat. Pijat kuku secara perlahan menggunakan minyak almond atau campurkan almond yang dihancurkan dengan air mawar. Terapkan seperti masker kuku, biarkan kering dan bersihkan.

2. Bayam
Daun bayam mengandung zat besi tinggi yang baik untuk kuku. Buat sendiri masker kuku untuk bayam dengan cara menghancurkan bayam dan tambahkan satu sendok makan madu. Campuran ini bukan hanya membuat kuku kuat namun juga indah dan alami.

3. Telur dan keju
Telur dan keju kaya akan vitamin B12 yang juga kunci kesehatan kuku. Parut satu kubus keju. Setelah itu siapkan kuning telur, campurkan keduanya. Sekarang terapkan bahan ini pada kuku jari tangan dan kaki Anda. Setelah kering, cuci tangan dan kaki dengan air lemon atau cuka.

4. Susu
Produk susu ini kaya akan kalsium yang berguna untuk menyingkirkan bercak putih pada kuku.

5. Cokelat
Menerapkan cokelat leleh seperti masker di kuku jari tangan dan kaki, bisa membuat kuku kuat, lho. Biarkan hingga kering pada suhu kamar. Dan rendam jari-jari Anda ke dalam air mawar sambil menghapus cokelat dari kuku.