Cara Alami Mengobati Penyakit Kutu Air

ADVERTISEMENT
Info Kesehatan - Kutu air adalah sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air. Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit, sebagaimana banyak kutu yang hidup di luar air. Secara taksonomi, hewan yang disebut kutu air termasuk dalam genera Daphnia (paling umum), Cyclops, Bosmina, dan Diaptomus. Kutu air merupakan bagian dari zooplankton.

Kutu air berukuran panjang kurang dari setengah milimeter dan pakannya adalah berbagai fitoplankton dan juga sisa-sisa makanan hewan lainnya (detritus).

Kaki terkena kutu air.
ilutrasi Kaki terkena kutu air

Cara mengobati kutu air sebenarnya banyak ragamnya. Ada cara alami menggunakan bahan herbal sampai menggunakan bumbu dapur hingga menggunakan produk khusus yang dibuat untuk mengatasi kutu air.

Jamur penyebab kutu air ini umumnya menyerang sela-sela jari kaki tapi juga dapat tumbuh di tempat lain seperti tangan dan pangkal paha.

Kutu air biasanya disebabkan karena kondisi udara yang terlalu lembab atau karena seringnya kaki terkena air. Namun tingkat sensitifitas kulit seseorang juga berpengaruh terhadap tumbuhnya kutu air di kulit.

Biasanya saat musim banjir seseorang lebih mudah terserang kutu air karena kondisi kaki yang terus basah ditambah kotornya air sehingga semakin mempersubur jamur penyebab kutu air.

Orang yang baru pertama terkena kutu air biasanya tidak mengenali gejalanya. Jika kaki Anda terasa panas, perih, gatal dan bersisik serta kemerahan, itulah tanda awal gejala kutu air.

Jika tidak segera mendapat penanganan, kondisi ini bisa semakin parah dengan melepuhnya kulit dan mengeluarkan nanah.

Berikut Cara Alami Mengobati Penyakit Kutu Air :

1. Garam dan Air
Caranya campurkan garam secukupnya dengan air hangat untuk merendam kaki. Campuran garam dan air hangat dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab kutu air.

Rendamlah kaki yang terkena kutu air selama 15 sampai 20 menit agar terasa lebih ringan dan rasa gatal di kaki bisa segera reda.

2. Teh
Rendam enam kantong teh celup dengan satu setengah liter air hangat, biarkan hingga dingin. Gunakan untuk merendam kaki hingga rasa gatal di kakai terasa reda. Teh mempunyai asam tannic yang dapat membunuh jamur dan mengurangi rasa gatal pada kaki kita.

3. Pasta gigi
Pasta gigi akan membuat luka kutu air lebih cepat mengering sehingga cepat sembuh.

Jika Anda sedang terkena kutu air, maka Anda dapat mencoba Cara Alami Mengobati Penyakit Kutu Air di atas.