Tahukah Kamu Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan?

ADVERTISEMENT
Info Kesehatan - Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup(kecuali tumbuhan) tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haima yang berarti darah.

Pada serangga, darah (atau lebih dikenal sebagai hemolimfe) tidak terlibat dalam peredaran oksigen. Oksigen pada serangga diedarkan melalui sistem trakea berupa saluran-saluran yang menyalurkan udara secara langsung ke jaringan tubuh. Darah serangga mengangkut zat ke jaringan tubuh dan menyingkirkan bahan sisa metabolisme.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan
ilustrasi

Pada hewan lain, fungsi utama darah ialah mengangkut oksigen dari paru-paru atau insang ke jaringan tubuh. Dalam darah terkandung hemoglobin yang berfungsi sebagai pengikat oksigen. Pada sebagian hewan tak bertulang belakang atau invertebrata yang berukuran kecil, oksigen langsung meresap ke dalam plasma darah karena protein pembawa oksigennya terlarut secara bebas. Hemoglobin merupakan protein pengangkut oksigen paling efektif dan terdapat pada hewan-hewan bertulang belakang atau vertebrata. Hemosianin, yang berwarna biru, mengandung tembaga, dan digunakan oleh hewan crustaceae. Cumi-cumi menggunakan vanadium kromagen (berwarna hijau muda, biru, atau kuning oranye). Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Darah

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan. Lalu apakah memang benar jika donor darah dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan? , Lalu bagaimana penjelasan klinisnya mungkin tak banyak yang tahu. Dengan mengetahui ini dengan jelas, maka Kita tak perlu ragu lagi untuk mendonorkan darah kita. Mendonorkan darah bermanfaat baik bagi kesehatan, diantaranya dapat mengurangi risiko kanker dan hemochromatosis. Selanjutnya membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas. Selain itu, menyumbangkan darah bisa membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga mengurangi obesitas.

Sebelum dilakukan pengambilan darah, terlebih dahulu dibutuhkan pemeriksaan kesehatan. Hal ini untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit yang berhubungan dengan transfusi darah dan penyakit menular. Mereka yang memiliki penyakit seperti A I D S, atau hepatitis sebaiknya tidak mendonorkan darahnya. Dan bagi calon pendonor yang habis diimunisasi, setelah menjalani operasi, dengan kanker, diabetes, dan flu harus berkonsultasi dulu dengan ahli kesehatan. Ibu hamil juga harus dengan nasihat ahli sebelum menyumbangkan darahnya.

Berikut Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Mengurangi resiko Hemochromatosis
Manfaat donor darah untuk kesehatan termasuk penurunan risiko hemochromatosis. Hemochromatosis adalah suatu kondisi kesehatan dimana seseorang mengalami kelebihan penyerapan zat besi oleh tubuh. Kondisi seperti ini bisa diwariskan atau, mungkin juga bisa disebabkan karena alk*holisme, anemia atau gangguan lainnya. Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi kelebihan zat besi. Namun Pastikan jika pendonor memang memenuhi kriteria kelayakan standard pendonor darah.

Mengurangi resiko kanker
Donor darah juga dapat membantu menurunkan risiko kanker. Dengan menyumbangkan darah, maka simpanan zat besi didalam tubuh akan dipertahankan pada tingkat yang sehat. Jumlah kadar zat besi dalam tubuh yang seimbang dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

Jantung dan organ hati sehat
Donor darah juga bermanfaat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan hati yang disebabkan oleh kelebihan zat besi dalam tubuh. Asupan makanan yang kaya zat besi dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, karena zat besi hanya digunakan terbatas, maka kelebihan zat besi akan diserap dan disimpan didalam hati dan pankreas. Pada akhirnya hal seperti ini dapat meningkatkan risiko sirosis, gagal hati, kerusakan pankreas, dan kelainan jantung seperti irama jantung yang tidak teratur. Donor darah bisa membantu untuk menjaga kadar zat besi seimbang dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Berat badan
Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat pendonor. Oleh karena itu bermanfaat juga bagi yang mengalami obesitas . Obesitas adalah beresiko tinggi terhadap penyakit darah tinggi, penyakit jantung serta masih banyaik rsiko gangguan kesehatan yang lainnya. Namun demikian, donor darah tidak harus sangat sering dilakukan, sebelumnya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari masalah kesehatan.

Sel darah baru
Setelah mendonorkan darah, tubuh akan bekerja untuk mengisi kembali kehilangan darah. Hal ini justru baiik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik. Artinya darah Anda akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik dan sehat.

Proses Donor Darah
Rencanakanlah sebelum Anda mendonorkan darah. Konsultasikan dengan dokter sebelum mendonorkan darah, agar diketahui jika ada masalah kesehatan. Akan lebih baik jika melaksanakan diet sehat selama seminggu sebelum dilakukan pengambilan darah. Pada saat harinya, pastikan jika tubuh Anda terhidrasi dengan baik, yaitu dengan cara minum banyak cairan. Disarankan pula untuk Mengenakan pakaian yang nyaman selama proses pengambilan darah.