Wanita Ini Bertahan Hidup di Hutan dengan Air Susunya Sendiri

ADVERTISEMENT
Info Kesehatan - Hutan mungkin 'menyiapkan' air dan aneka tumbuhan. Namun ketika seseorang tersesat, bukan jaminan juga bisa bertahan hidup dengan 'pasokan' yang ada di hutan. Karena tidak semua daun, akar, dan lainnya aman dikonsumsi. Susan O'Brien saat tersesat memilih untuk bertahan hidup dengan air susunya sendiri.
Susan O'Brien
Susan O'Brien bersama suami dan anaknya

Dikutip dari health.detik.com, Selasa (12/5/2015), perempuan asal New Zealand ini tersesat di hutan yang terdapat di daerah Wellington. Dilaporkan, Susan salah berbelok ketika menyusuri Rimutaka Forest Park. Minggu pagi seharusnya Susan sudah menyelesaikan penyusuran hutan. Namun karena yang bersangkutan tidak juga datang dan malah hilang kontak, otoritas setempat pun melakukan operasi pencarian.

Untunglah pada Senin pukul 11.30 waktu setempat, Susan berhasil ditemukan, atau sekitar 24 jam setelah dilaporkan menghilang. Betapa bahagianya keluarga bisa bertemu Susan kembali. Hal pertama yang dilakukan Susan setelah bertemu keluarganya adalah menyusui anaknya yang berusia delapan bulan. Demikian dikabarkan Dominion Post.

"Saya benar-benar merasa akan mati," ujar Susan kepada para reporter.

"Saya menyusui bayi saya, jadi saya pasti punya sedikit susu, yang saya kira itu bisa membantu saya tetap bertahan," imbuhnya.

Tak cuma ASInya sendiri yang digunakan untuk tetap bertahan, Susan juga masih memiliki dua liter air, sebuah energy bar, dan gel pack. Pelatih fitness itu mengungkapkan dirinya merasa sangat kedinginan dan basah di malam hari. Karena itu dia menggali lubang, kemudian berbaring dan menutupi dirinya sendiri dengan tanah agar tetap merasa hangat.

Susan menjelaskan dirinya berusaha menyelimuti tubuhnya dengan tanah, sebatas dagunya. Ketika mendengar sesuatu yang diduga adalah tim pencari, Susan berteriak 'tolong'.

Soal orang dewasa yang mengonsumsi ASI sebelum diberitakan ada pria yang mengonsumsinya untuk mendukung program bodybuilding. Joanne Ransom, Direktur Klinis Northwest Mothers Milk Bank menuturkan ASI memang tidak berbahaya jika dikonsumsi orang dewasa. Tetapi, juga tidak ada manfaatnya sebab sampai saat ini pun belum ada bukti ilmiah bahwa ASI bermanfaat bagi orang dewasa.

"ASI dirancang untuk bayi sebab ASI mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang berguna untuk pertumbuhan bayi dan membantu menambah kekebalan tubuh bayi dari penyakit," tutur Ransom.