2 Hal Penting Tentang Kanker Usus Besar

Info Kesehatan - Jumlah penderita kanker usus besar/kolorektal meningkat setiap tahun. Risiko menderita kanker usus besar meningkat tajam pada perempuan dan laki-laki usia 50 tahun ke atas.

"Kanker usus besar tidak berkembang dalam semalam. Dibutuhkan sekitar dua tahun untuk berkembang dan menyebar," tutur Dr Dean Koh, General Surgeon Mount Elizabeth Novena Hospital Singapore.

Dr Koh menjelaskan dua hal penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat mengenai kanker usus besar. Pertama, pasien biasanya terlambat menyadari penyakit kanker ini.

ilustrasi

Ada beberapa gejala yang biasanya terjadi. Salah satunya adalah perubahan kebiasan buang air besar. Jika perubahan tanpa alasan tersebut terjadi selama dua sampai tiga bulan.

Individu lebih baik memeriksakan diri sejak dini. Menurut Dr Koh, semakin cepat diperiksa dan didekteksi, kemungkinan sembuh lebih tinggi.

Kedua, untuk kanker stadium IV, ada anggapan umum yang beredar bahwa kesempatan sembuh mustahil. Hal tersebut tidak benar.

Dr Koh menjelaskan pasien bisa bertahan dan memiliki kelangsungan hidup lebih panjang jika diobati sedini mungkin. Tentunya pasien pun perlu disiplin untum menjalankan pengobatannya.