Manfaat Mengajak Bayi Berbicara

Info Kesehatan - Jika Anda adalah orangtua yang baru saja dikaruniai seorang bayi, jangan pernah ragu mengajak mereka untuk berbicara. Walaupun hanya sebatas `Mama`, `Papa`, dan `Adik`, berbicara pada bayi berusia di bawah satu tahun bermanfaat bagi tumbuh kembang mereka.

Manfaat Mengajak Bayi Ngobrol
ilustrasi

Psikolog dari New York University, Athena Vouloumanos, menjelaskan, mengajarkan satu per satu kosakata melalui obrolan sederhana kepada sang bayi turut membantu mengembangkan fungsi kognitif dasarnya, serta turut membantu mereka dalam bersosialisasi yang kemudian berguna untuk pembelajaran mereka di kemudian hari.

Sedangkan Psikolog di Northwestern University di Evanston, Illinois, Sandra Waxman, mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun oleh sejumlah peneliti, diketahui bahwa orangtua yang malas untuk mengajak bayinya berbicara berdampak pada miskinnya kosakata yang mereka miliki ketika bersekolah dan memiliki penghasilan kurang di kemudian hari.

"Saat orangtua mengoceh, anak akan mendengarkannya, memperhatikannya, dan akan fokus dalam menerima informasi yang diberikan," kata Sandra seperti dikutip Daily Mail.