5 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Nyeri Otot

5 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Nyeri Otot - Bekerja adalah salah satu aktivitas yang paling banyak menghabiskan waktu Anda setiap hari. Duduk diam, terpaku di depan komputer, dan jari yang selalu mengetik bisa Anda lakukan sepanjang hari tanpa jeda. Sayangnya, secara tidak Anda sadari perilaku ini mampu membahayakan kesehatan Anda. Salah satu gangguan kesehatan paling umum yang terjadi adalah nyeri otot.

Nyeri Otot
ilustrasi Nyeri Otot

Berikut beberapa 5 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Nyeri Otot :

Leher dan mata
Ketika Anda bekerja dengan selalu terpaku melihat ke layar komputer, Anda memaksa otot leher Anda untuk bekerja dengan keras demi menyangga kepala Anda. Akibatnya leher Anda sering mengalami kaku dan nyeri. Oleh karena itu lakukan peregangan leher sesering mungkin. Namun jangan memutar leher Anda ke belakang sebab dapat membahayakan sendi tulang belakang.

Mata juga membutuhkan waktu istirahat ketika dipakai bekerja terlalu lama. Ketegangan otot mata mampu menyebabkan sakit kepala, pusing, bahkan penurunan penglihatan. Sehingga jangan ragu untuk mengistirahatkan mata Anda ketika Anda merasa lelah. Lihatlah objek di kejauhan yang mampu membuat otot mata Anda rileks.


Bahu
Bahu juga sering menjadi langganan Anda untuk terkena nyeri otot. Hal ini terjadi sebab posisi tangan Anda berada dalam posisi yang statis untuk waktu yang lama. Akibatnya, otot menjadi kaku dan pegal. Jika Anda mengalami nyeri bahu, putar bahu Anda ke depan dan belakang sebanyak 10 kali. Gerakan ini membantu untuk melemaskan otot bahu yang dapat berpotensi menjadi nyeri otot.


Punggung
Duduk dengan posisi yang statis untuk waktu yang lama juga dapat membuat punggung Anda tegang dan pegal. Terutama apabila kursi atau posisi duduk Anda tidak nyaman. Bahkan jika Anda biarkan, hal ini mampu membuat sakit punggung yang akan menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal sebab punggung adalah tempat di mana sistem saraf Anda berkumpul.

Oleh karena itu, untuk merilekskan punggung Anda, tarik lengan Anda ke bagian dalam. Lakukan sekitar 10 detik untuk masing-masing lengan. Teknik ini merupakan cara yang bagus untuk meregangkan otot punggung Anda.


Pergelangan tangan dan jari
Pergelangan tangan dan jari tangan adalah satu-satunya anggota tubuh yang akan terus bergerak tanpa henti ketika Anda bekerja. Kegiatan ini mampu membuat otot tangan Anda nyeri sebab Anda tidak memberikan waktu istirahat yang cukup untuk otot pergelangan tangan dan jari tangan Anda.

Untuk menghindari nyeri, lemaskan jari Anda dengan cara satukan jari Anda dan tekan selama 5-10 detik. Lalu tarik lengan Anda secara lurus dan kemudian tarik turun telapak tangan Anda selama 5-7 detik. Gerakan ini membantu untuk mengendurkan otot pergelangan tangan. Selain teknik ini, Anda juga bisa melakukan gerakan meremas yang dapat memperkuat otot pergelangan tangan dan jari Anda.


Paha dan kaki
Meski tidak sering bergerak, paha dan kaki Anda mampu terasa pegal dan nyeri jika Anda diamkan terlalu lama. Tak jarang kaki Anda pun bisa kesemutan. Oleh karena itu untuk melemaskan otot paha dan kaki, tarik kaki Anda ke atas dan tahan. Kemudian putar pergelangan kaki sekitar 10 kali. Setelah itu tarik kaki kembali ke arah dada Anda. Gerakan ini mampu memberikan peregangan pada otot pergelangan kaki dan betis secara bersamaan.

Pemanasan ini wajib Anda lakukan sebab bermanfaat untuk mencegah ketegangan otot kaki yang bisa menyebabkan cedera yang serius.

Bekerja selama berjam-jam dengan posisi yang statis mampu menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Bahkan dapat berdampak pada kesehatan mental Anda. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan di saat bekerja agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Demikian info mengenai 5 Bagian Tubuh Yang Rentan Terkena Nyeri Otot , semoga info ini bermanfaat buat anda semuanya.