Turunkan Tekanan Darah Dengan Makan Timun

Turunkan Tekanan Darah Dengan Makan Timun
Timun

Turunkan Tekanan Darah Dengan Makan Timun - Tekanan darah tinggi mempengaruhi 1 dari 3 orang dan dapat menyebabkan kerusakan serius dan tidak dapat diubah. Namun, mereka yang terkena dampak ini dapat benar-benar tidak menyadari kondisi mereka.

Untungnya, tombol kontrol berada di tangan Anda. Karena tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal dan diabetes, WHO akan fokus pada hipertensi sepanjang tahun.

Tekanan darah tinggi dikenal sebagai 'silent killer' dan mempengaruhi setiap orang di atas usia 18 tahun. Proporsi meningkat seiring pertambahan usia, 1 dari 10 orang berusia 20-an dan 30-an sampai 5 dari 10 orang pada usia 50 tahunan, sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Deteksi dini sangat penting dan semua orang Dewasa perlu mengetahui tekanan darah mereka dan mengawasinya.

Meskipun tekanan darah tinggi tidak memiliki obat, itu dapat dikelola atau dicegah dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter Anda. Anda dapat mengurangi tekanan darah Anda dengan membuat beberapa perubahan kecil dalam hidup Anda.


1. Kurangi garam
Membatasi sodium membantu mengontrol tekanan darah tinggi pada mereka yang memilikinya dan membantu mencegahnya pada mereka yang tidak. WHO merekomendasikan tidak lebih dari 2.000 mg sodium atau lima gram garam - setara dengan satu sendok teh - per hari. Waspadalah terutama garam yang sudah diproses dan dikemas dalam makanan cepat saji, dan makanan kaleng - sumber umum dari garam yang berlebihan.


2. Makan kalium
Mineral ini membantu menurunkan tekanan darah. Asupan harian yang direkomendasikan untuk orang Dewasa adalah 3.510 mg. Makanan kaya kalium meliputi: kacang polong (sekitar 1.300 mg potasium per 100 g), kacang-kacangan (sekitar 600 mg/100 g), sayuran seperti bayam, kubis dan peterseli (sekitar 550 mg/100 g) dan buah-buahan seperti pisang dan pepaya (sekitar 300 mg/100 g).


3. Memodifikasi diet Anda
Makanlah setidaknya lima porsi buah dan sayuran untuk serat dan mengurangi makanan olahan dalam diet Anda. Hindari makanan asin seperti saus, acar, kentang goreng, dll. Buah dan sayuran yang rendah sodium dan tinggi kalium membantu dalam menurunkan tekanan darah. Kurangi lemak dan gorengan, terutama lemak jenuh / transfats dan menggantinya dengan lemak tak jenuh ganda.


4. Periksa berat badan Anda
Tekanan darah cenderung meningkat seiring dengan berat badan. Setiap lima kg kelebihan berat badan yang hilang dapat mengurangi tekanan darah sistolik dari 2 sampai 10 poin. Untungnya, itu juga benar bahwa tekanan darah cenderung turun seiring dengan berat badan. Untuk kesehatan yang optimal, orang Dewasa harus menjaga Massa Indeks Tubuh (BMI), ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan, antara 18,5-24,9 kg/m2.


5. Olahraga
Situasi stres dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara karena menjadi aktif secara fisik merupakan salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi. Cukup tidur, bernapas dalam, meditasi, yoga, dan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi stres. Contoh kegiatan moderat adalah jalan cepat, bersepeda, berkebun dan melakukan pekerjaan rumah tangga.


6. Batasi konsumsi alkohol
Terlalu banyak alkohol tidak hanya meningkatkan tekanan darah. Kelebihan minum alkohol dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dalam jangka panjang. Penting bagi Anda untuk membatasi asupan alkohol Anda.