Terapi Oksigen Hiperbarik Bantu Kurangi Risiko Terkena Diabetes

Terapi Oksigen Hiperbarik Bantu Kurangi Risiko Terkena Diabetes - Terapi oksigen Hiperbanik ternyata dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Penelitian awal menunjukkan pengobatan secara dramatis dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi di mana tubuh memproduksi insulin, tetapi tidak menggunakannya secara efektif. Nah, pankreas mencoba untuk memproduksi lebih banyak insulin untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Terapi Oksigen Hiperbarik
ilustrasi - Terapi Oksigen Hiperbarik
Resistensi insulin biasanya terkait dengan obesitas, terutama kelebihan lemak di sekitar pinggang. Menurunkan berat badan dan melakukan olah raga dapat membalikkan resistensi insulin, mencegah atau menunda diabetes tipe 2.

Pada saat ini peneliti dari University of Adelaide, Australia, sedang menguji efektivitas terapi oksigen Hiberbarik untuk orang yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Terapi oksigen hiperbarik adalah terapi medis dimana pasien dalam suatu ruangan menghirup oksigen murni 100 persen bertekanan tinggi (hyperbaric chamber). Semula terapi ini dikhususkan untuk penyelam yang mengalami kelainan atau penyakit akibat penyelaman. Tapi kemudian dikembangkan untuk terapi penyakit klinis serta dapat meningkatkan kebugaran, dan secara klinis telah terbukti.

"Terapi oksigen hiperbarik biasanya digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi medis, tetapi terapi ini diharapkan bisa digunakan dalam mengobati diabetes tipe 2. Kami melakukan penelitian ini karena dapat membantu kita lebih memahami alasan resistensi insulin dan berpotensi mengarah pada pengobatan baru yang cocok untuk beberapa orang yang menderita diabetes di masa depan," kata peneliti, Dr Alasdair Rankin, seperti dilansir Daily Mail.

Anda dapat menghindari diabetes tipe 2 dengan menerapkan pola gaya hidup sehat, seperti makan diet seimbang yang sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Ini adalah hal yang paling penting yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda.

Demikian info mengenai Terapi Oksigen Hiperbarik Bantu Kurangi Risiko Terkena Diabetes, semoga info ini bermanfaat buat anda semuanya.