Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Remaja

Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Remaja
ilustrasi
Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Remaja - Masa remaja adalah masa dimana rambut hitam tumbuh sehat dan lebat. Namun, ada beberapa remaja yang mengalami masalah rambut seperti ketombe, rontok ataupun rambut kering. Masalah tersebut adalah masalah umum yang dialami. Selain masalah tersebut sering kali banyak remaja mengalami masalah rambut beruban. Di usia yang masih muda, rambut beruban bisa mengganggu penampilan. Sebenarnya apa yang menyebabkan rambut putih ini muncul?

Uban bisa terjadi karena kurangnya sel melanin yang merupakan pigmen alami rambut. Sel ini berguna sebagai zat pigmentasi yang membuat rambut berwarna hitam. Uban bisa tumbuh karena rambut tidak lagi memproduksi zat melanin terserbut. Proses tersebut terjadi secara alami seiring dengan pertambahan usia. Semakin tua usia seseorang maka produksi sel melanin akan semakin berkurang.

Tapi di usia remaja, berkurangnya sel melanin ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain pemakaian zat kimia tertentu, pemakaian shampo ataupun faktor genetik.

Pemakaian zat kimia dan shampo yang salah ini bisa menghambat produksi melanin, terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kepala sensitif. Selain uban yang tumbuh, hal ini juga merusak sel-sel rambut.

Selain itu stress juga berkontribusi menghambat sel melanin dari folikel rambut ke daerah kulit kepala. Sehingga hal ini menyebabkan rambut berwarna putih tumbuh. Stress pada remaja bisa terjadi akibat dari tugas yang menumpuk, ataupun memikirkan banyak pelajaran. Remaja pemikir cenderung lebih cepat memiliki uban pada rambutnya.

Untuk mengatasinya ada baiknya mencegah stress, bersantai dan rileks bisa menunda tumbuhnya uban pada rambut. Penting untuk selalu menjaga kebersihan rambut. Karena kesehatan dan kebersihan rambut juga berperan dalam produksi sel melanin pada rambut. Perawatan rambut secara alami dan rutin juga membantu kamu mendapat rambut hitam dan sehat.