Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan - Selama ini persepsi yang muncul di masyarakat soal makanan pedas lebih banyak negatif ketimbang positifnya. Makanan pedas dianggap membahayakan tubuh dan dapat menyebabkan berbagai efek samping, seperti misalnya sariawan, sakit perut, dan lain sebagainya.

Namun apa yang ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue sangat berbeda. Makanan pedas punya manfaat positif bagi tubuh. Disebut-sebut bahwa capsaicinoid, zat yang menyebabkan rasa pedas ternyata dapat membantu mengurangi rasa lapar ketika makan makanan berlemak, asin atau manis.

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan
ilustrasi - Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Berikut beberapa Manfaat Cabai Untuk Kesehatan :

Membantu melegakan pernapasan
Sudah berabad-abad lamanya, makanan pedas digunakan sebagai salah satu cara mengobati masalah pernapasan. Mampu melindungi paru-paru dari iritasi, dan membuat pernapasan jadi lebih lega.


Menjernihkan pikiran
Paduan dari aneka bumbu pedas dapat membantu mengurangi gejala penyakit Alzheimer. Para peneliti masih mengamati efeknya pada manusia bila dosisnya ditingkatkan, namun sejauh ini rasanya tubuh jauh lebih rileks ketika mengonsumsi makanan pedas.


Menjaga berat badan
Percaya atau tidak, sebenarnya menambahkan sambal dapat membantu menurunkan berat badan. Senyawa capsaicin memiliki efek termogenik yang berperan membakar kalori berlebihan sehingga suhu tubuh juga naik.


Mencegah kanker
Menurut American Association of Cancer Research, senyawa dalam cabai juga memiliki kemampuan membunuh sel-sel kanker seperti sel leukimia. Kabar ini hingga sekarang masih dikembangkan hasil penelitiannya. Apabila memang efeknya positif, maka ia dapat menjadi penemuan terbaru yang membantu banyak orang untuk sembuh.


Melonggarkan hidung tersumbat
Saat sedang flu dan hidung tersumbat, konsumsi makanan pedas yang efektif memerangi demam dan mengurangi gejala flu. Makanan pedas ini membantu meningkatkan suhu tubuh dan melonggarkan hidung tersumbat.

Selama porsinya tidak berlebihan, makanan pedas tetap sehat untuk dikonsumsi.

Demikian info mengenai Manfaat Cabai Untuk Kesehatan , semoga info ini bermanfaat buat anda semuanya.