Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan - Jika selama ini Anda berpikir bahwa berjalan tanpa alas kaki (bertelanjang kaki) itu tak ada manfaatnya, Anda tak boleh melewatkan informasi yang satu ini. Berjalan tanpa alas kaki juga disebut dengan earthing atau pembumian. Earthing sendiri lebih mengarah pada berjalan tanpa alas kaki di atas tanah, rumput, atau pasir. Berikut ini info lebih detail tentang manfaat berjalan dengan bertelanjang kaki.

Ada sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan saat berjalan tanpa alas kaki. Beberapa diantaranya adalah meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko terkena peradangan, dan meningkatkan anti oksidan. Penelitian menyebutkan bahwa manfaat ini diperoleh karena ada kaitan antara tubuh kita dan elektron-elektron yang ada di bumi. Planet bumi memiliki daya alaminya sendiri dan dengan melakukan kontak langsung, kita bisa memperoleh manfaatnya.

Baca juga : Tahukah Anda Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan (secara umum)

Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan
ilustrasi - Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan

Sebuah ulasan yang dipublikasikan di Journal of Environmental and Public Health menunjukkan ada sejumlah penelitian yang memperlihatkan bagaimana menarik elektron-elektron dari bumi bisa meningkatkan kesehatan. Salah satunya, pasien yang mengalami sakit parah bisa tidur dengan lebih baik dan rasa sakitnya berkurang setelah tidur di atas kasur yang beralas serat karbon.

Penelitian lain menyebutkan bahwa earthing ini bisa mengubah aktivitas elektrik yang ada di dalam otak. Manfaat lain yang bisa diperoleh melalui earthing ini adalah konduktivitas kulit yang lebih baik, detak jantung yang lebih stabil, pengaturan dan penyaluran glukosa yang meningkat, rasa stres yang semakin berkurang, dan tingkat kekebalan tubuh yang semakin baik.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan di The Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa berjalan tanpa alas kaki bisa meningkatkan sel-sel darah marah. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari viskositas darah yang merupakan salah satu faktor yang bisa membuat Anda terkena penyakit jantung.

Berjalan di alam terbuka tanpa alas kaki setidaknya setengah jam per hari bisa mencegah Anda terkena penyakit kanker dan diabetes. Selain itu, kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga dan berat badan Anda akan tetap proporsional. Eh, belum sampai di situ saja, berjalan di alam terbuka ini juga bisa meningkatkan oksigenasi darah, sirkulasi darah dan kekebalan tubuh sekaligus menghilangkan racun dan mengatasi stres.

Demikian info mengenai Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan , semoga info ini bermanfaat buat anda semuanya.