Manfaat Temulawak bagi Kesehatan


Manfaat Temulawak bagi Kesehatan - Selain untuk menjaga kebugaran dan menambah nafsu makan, temulawak juga dikenal sebagai salah satu ramuan herbal yang bermanfaat untuk mengobati hepatitis. Lebih dari itu, temulawak juga berguna bagi mereka yang mengonsumsi obat kolesterol jangka panjang.

Pasalnya, konsumsi obat kolesterol jangka panjang bisa mengganggu fungsi hati.

Jika kadar kolesesterol tinggi padahal sudah diberi obat dalam dosis tinggi, sebaiknya jangan ditambah dosis obatnya tetapi carilah herbal lain yang bisa melengkapi terapi, misalnya temulawak.

Temulawak tidak hanya mengobati hepatitis tetapi juga bisa menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL.

Maka dari itu, untuk yang sudah mengonsumsi statin dalam jangka panjang dan bisa mengganggu liver bisa mengonsumsi temulawak untuk membantu menaikkan HDL sekaligus memanfaatkannya menjadi hepatoprotektor.

Jadi hati bisa terlindungi dari efek samping simvastatin yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Ini kan jadi bentuk gabungan terapi yang bermanfaat.

Lantas, bagaimana dengan anggapan bahwa herbal bisa juga berpengaruh pada fungsi ginjal?

Efek samping obat herbal pada ginjal memang belum ada penelitiannya, sebelum memberikan obat apapun termasuk herbal, dokter harus tahu terlebih dulu bagaimana fungsi liver dan ginjal pasien. Sebab, semua obat akan melewati ginjal dan liver.

Maka dari itu, pemakaian herbal terutama yang sudah diekstrak harus diketahui dulu kadar keamanannya melalui uji toksikologi.