Kenali Jenis-Jenis Alergi Pada Anak

Alergi Pada Anak
ilustrasi

Kenali Jenis-Jenis Alergi Pada Anak - Reaksi alergi bisa timbul pada berbagai area tubuh anak termasuk di dalam tubuh itu sendiri. Agar mudah mengenali dan tahu apa yang harus dilakukan, ada baiknya Anda membekali diri dengan pengetahuan tentang jenisnya yang beragam.


Berikut jenis-jenis alergi pada Anak :

Saluran Napas Bawah
Biasanya berupa asma dengan napas yang berbunyi atau disebut sebagi mengi dan/atau batuk terus menerus.

Karakteristiknya timbul secara episodik, setelah beraktivitas fisik, cenderung pada malam hari dan musiman, serta jika anak memiliki riwayat asma atau aleegi lain dalam keluarga.

Hidung
Disebut juga dengan rhinitis alergika. Lebih dari separuh penderita alergi jenis ini memiliki riwayat alergi dari keluarganya.

Kulit
Selain urtikaria yang berbentuk bentol-bentol berwarna merah dan teras gatal, alergi kulit yang kerap terjadi pada anak adalah dermatitis atopic. Disebut juga dengan eksim susu. Alergi ini ditandai dengan dengan reaksi peradangan di kulit, terutama sekitar bibir dan pipi bayi.

Mata
Alergi yang kerap terjadi pada mata adalah konjungtivitas alergika, dan alergi ini berulang.

Selain itu, ada pula alergi yang disebabkan oleh makanan karena reaksi klinis yang tidak diinginkan terhadap makanan secara imunologis juga menjadi masalah penting yang harus diperhatikan. Apalagi, sekitar 20 persen anak berusia 1tahun pernah mengalami reaksi terhadap makanan. Alergi dari makanan bisa menghambat proses tumbuh kembang anak.