10 Manfaat Buah Pir untuk kecantikan

ADVERTISEMENT
Manfaat Buah Pir Vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang terkandung di dalam buah pir berguna untuk melawan radikal bebas. Parutan buah pir juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging sebelum dimasak.

Selain itu  buah pir juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Vitamin dan serat pangan dalam buah pir dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit. Tak hanya untuk kecantikan kulit, nutrisi yang terkandung dalam buah pir juga berguna untuk merawat rambut Anda. Ingin tahu apa saja manfaat buah pir untuk kecantikan?.


Berikut ini 10 Manfaat Buah Pir untuk kecantikan :

1. Mencegah kerusakan kulit
Pir mengandung serat pangan yang baik untuk pencernaan. Selain itu serat pangan dalam berperan penting dalam menjadikan kulit halus dan lembut. Karena serat tersebut menghambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga zat gula tersebut tidak sempat merusak collagen yang dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan kulit.


2. Mencegah kerutan
Memakan sebutir buah pir setiap hari dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini, lho. Kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga dalam buah pir dapat melawan radikal bebas yang menjadikan kulit menua.


3. Merawat kulit berminyak
Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, gunakan buah pir untuk mengurangi kadar minyak. Haluskan daging buah pir beserta kulitnya, campurkan dengan krim segar dan madu. Oleskan di wajah tiga kali seminggu. Ramuan tersebut akan membersihkan kelenjar minyak.


4. Menjadikan kulit bebas dari jerawat
Pir mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan kekebalan dari dalam. Akibatnya kulit jadi lebih tahan terhadap bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan jerawat.


5. Menghaluskan kulit
Tak hanya untuk kulit berminyak, buah pir juga cocok untuk merawat kulit kering. Pir mengandung humectant yang dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit dan mengunci kelembapan. Karena itu ekstrak buah pir kadang dijadikan bahan campuran lotion.


6. Untuk scrub natural
Enzim alami dalam buah pir menjadikannya bahan yang pas untuk scrub. Untuk mengangkat sel kulit mati, cobalah oleskan pir yang sudah dihaluskan dan gosok perlahan hingga kulit terasa halus.


7. Menyehatkan rambut
Buah pir yang sudah matang mampu menjadikan rambut Anda sehat dan cantik. Sorbitol dan glucitol di dalamnya dapat menutrisi kulit kepala serta helai rambut.


8. Menghaluskan rambut kusut
Rambut yang kering dan kusut bisa menjadi halus serta mudah diatur jika rajin dirawat dengan masker buah pir.


9. Mengembalikan kilau rambut
Selain menjadikan rambut lebih mudah diatur, masker buah pir bisa menjadikan rambut berkilau. Untuk membuat masker ini Anda tinggal mencampurkan daging buah pir yang sudah dihaluskan dengan cuka apel dan air.


10. Merawat rambut ikal
Untuk yang berambut ikal, cream bath dengan buah pir ternyata cocok untuk mempertahankan bentuk ikal rambut Anda agar tetap indah. Caranya campurkan buah pir yang sudah dihaluskan dengan minyak kedelai, kemudian pakailah untuk cream bath. Diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih