Buang Air Kecil di Kolam Renang Bisa Sebabkan Asma

Kolam Renang
ilustrasi
Sebaiknya anda pikir-pikir lagi jika  ingin buang air kecil di dalam kolam renang. Selain kotor, ternyata buang air kecil di kolam renang bisa menimbulkan berbagai penyakit lho.

Sebuah peneliti terbaru di Purdue dan China Agricultural Universitu mempelajari apa yang terjadi ketika urine bercampur dengan air kolam renang yang mengandung klorin dan bahan kimia lainnya. Peneliti menemukan terbentuknya dua produk kimia sampingan yang berbahaya.

Asam urat (uric acid) di dalam urine akan bereaksi dengan klorin sehingga membentuk cyanogen chloride dan thrichloramine. Kedua bahan kimia tersebut memengaruhi paru-paru, jantung, dan sistem saraf pusat, serta organ-organ lain bila terhirup.

Peneliti mengatakan, buang air kecil di kolam renang bisa menyebabkan asma. "Asam urat yang ditemukan dalam air seni menyumbang 24 sampai 68 persen (tergantung pada suhu, pH air, dan kondisi klorin) dari hasil sampingan cyanogen chloride di sampel kolam renang. cyanogen chloride bisa memengaruhi beberapa organ,".

Kedua bahan kimia ini dikaitkan dengan masalah kesehatan yang dialami perenang, penjaga pantai, dan staf kolam renang. Pada survei 2012 ditemukan sebanyak 19 persen orang dewasa kencing di kolam renang umum.