5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

ilustrasi
Bibir adalah salah satu bagian yang sensual dari tubuh. Mampu berbicara banyak sekalipun kata belum terucap. Efeknya jauh lebih besar daripada makeup dan membuat orang teringat selalu.
Sayangnya, keindahan bibir dapat terganggu akibat kering dan pecah-pecah. Padahal rasanya seperti sudah diberi vitamin atau lip balm.

Bibir memang bagian tubuh yang sensitif dan jenis kulitnya berbeda ketimbang kulit bagian tubuh lainnya. Sangat tipis dan melindungi bagian yang lembut, yang apabila tubuh Anda kekurangan cairan ia akan dengan mudah kering dan mengelupas.

Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah, terlebih dahulu Anda harus tahu apa penyebabnya.

Berikut adalah 5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah.


1. Perubahan cuaca yang drastis
Apa yang terjadi ketika cuaca atau suhu udara berubah drastis? Tentu saja kelembaban bibir Anda akan terganggu. Alhasil bibir jadi kering dan pecah-pecah. Mengatasi dengan lipbalm saja tak akan cukup. Anda harus mengonsumsi air minum yang cukup serta mencukupi kebutuhan vitamin C dan E.


2. Pemakaian lipstik
Pemakaian lipstik yang kurang berkualitas dapat menyebabkan bibir kehitaman, kering dan pecah-pecah. Apalagi jika tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk terus menerus. Seharusnya setelah beraktivitas atau menjelang tidur, Anda membersihkan semua makeup yang masih menempel dengan makeup remover. Yeap, termasuk bibir Anda.


3. Tidak pernah dirawat
Adalah sebuah hal yang normal ketika bibir mengalami kering dan pecah-pecah. Namun, Anda bisa mengatasi dan mencegahnya dengan perawatan scrubbing rutin. Lakukan setidaknya 2 minggu sekali, baik menggunakan scrub bibir alami maupun produk yang mudah Anda temukan di apotik atau toko kosmetik.


4. Sering membasahi bibir
Anda mungkin belum tahu bahwa membasahi bibir dengan air liur ternyata tidak membuat mereka menjadi lembab. Kebiasaan ini bahkan membuat bibir jadi mudah kering dan mengelupas.


5. Kurang nutrisi
Ketika tubuh kurang nutrisi dari buah-buahan dan sayuran, kulit akan menjadi kusam. Kulit bibir akan menghitam, kering dan pecah-pecah dalam waktu yang lama.

Pilihlah lipbalm atau vitamin terbaik untuk bibir sehingga bibir tetap indah, merah dan merona. Jangan lupa lakukan beberapa trik di atas ya.