Pengaruh Kadar Gula Tinggi pada Kulit

Konsumsi gula berlebih bukan hanya membuat badan menjadi gemuk dan bisa menimbulkan penyakit diabetes, tetapi lebih dari itu membuat penampilan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Kelebihan gula akan menyebabkan kulit tampak lebih gelap, bintik pada kulit, serta merangsang kelenjar minyak. Apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif dan berjerawat, kelebihan gula membuatnya lebih buruk lagi.

Kadar Gula Tinggi pada Kulit
ilustrasi - Pengaruh Kadar Gula Tinggi pada Kulit

Berikut ini Pengaruh Kadar Gula Tinggi pada Kulit :


1. Merusak tekstur kulit 

Kadar gula darah yang tinggi (diabetes) bisa memicu infeksi kulit. Itu sebabnya orang yang menderita diabetes tipe 2 harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makannya.

Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah penebalan kulit di bagian leher atas atau bagian belakang leher yang merusak tekstur alami kulit. Kondisi lain adalah yang disebut acanthosis atau penggelapan pada bagian ketiak, leher, serta sekitar payudara.



2. Rentan infeksi

Kadar gula yang tinggi juga membuat kulit rentan mengalami bisul, infeksi jamur, infeksi virus seperti kutil, herpes, dan lain-lain. Gangguan kulit ini juga terjadi jika kekebalan tubuh menurun serta kelebihan berat badan. Gula akan menekan aktivitas sel-sel darah putih dan membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu, dan lain-lain.