8 Nutrisi Alami Penambah Tinggi Badan

Jika Anda merasa minder dan tidak percaya diri karena badan yang tak terlalu tinggi, jangan buru-buru putus asa. Selain dengan rajin olahraga dan menerapkan pola makan yang sehat, ada beberapa nutrisi yang bisa membantu Anda meninggikan badan.

Dikutip dari health.detik, Rabu (26/2/2014) berikut ini nutrisi-nutrisi yang bisa membantu Anda menambah tinggi badan:

Nutrisi Alami Penambah Tinggi Badan
ilustrasi - 8 Nutrisi Alami Penambah Tinggi Badan

1. Ikan
Terutama Anda dianjurkan mengonsumsi ikan laut yang kaya akan protein dan vitamin. Ikan seperti salmon dan tuna mengandung banyak vitamin D dan protein yang bisa menambah tinggi badan.


2. Telur
Produk dari ayam ini mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Jadi, untuk menambah tinggi badan serta memperkuat tulang, jangan lupa sertakan telur rebus ke dalam menu sehari-hari Anda. Sebab, merebus adalah metode memasak terbaik untuk mempertahankan vitamin dan nutrisi dalam telur.


3. Kedelai dan tahu
Agar tulang bisa menyerap kalsium dan vitamin lebih cepat, Anda perlu mengonsumsi produk kedelai misalnya kacang yang diolah menjadi sayur atau susu kedelai. Selain itu, tak ada salahnya juga mengonsumsi tahu yang rendah lemak tapi tinggi kalsium. Selain menambah tinggi badan, tahu juga bisa membantu menurunkan bobot Anda.


4. Biji labu
Asupan ini berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh dan membantu pembentukan jaringan yang baru. Selain itu, asam amino dalam biji labu bisa menambah tinggi badan.


5. Wortel dan bayam
Kandungan vitamin A dalam wortel bisa menjaga kadar kalsium sehingga tulang menjadi kuat dan sehat. Sementara bayam, dengan zat warna hijaunya memberi tubuh banyak vitamin dan nutrisi untuk membantu memperkuat tulang Anda.


6. Susu
Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat, ditambah lagi susu juga kaya akan vitamin A yang bisa menjaga kandungan kalsium dalam tulang. Dianjurkan Anda untuk minum dua sampai tiga gelas susu setiap hari untuk pertumbuhan tulang yang optimal.


7. Pisang dan kacang hijau
Pisang bisa membantu menjaga tulang agar kuat dan sehat. Dengan makan pisang secara teratur, selain menambah tinggi badan, buah ini juga baik untuk pencernaan. Sedangkan, kacang hijau mengandung mineral yang bisa membangun jaringan di tulang, menambah pertumbuhan tulang, juga meningkatkan aliran darah dalam tubuh.


8. Ayam dan yogurt
Ayam merupakan sumber protein tertinggi di mana protein bisa membangun jaringan dan otot pada tubuh. Sumber protein lainnya yaitu yogurt yang kaya akan kalsium. Selain mengandung vitamin A, B, D, dan E yang membantu menambah tinggi badan, yogurt juga baik untuk pencernaan.