3 Maaf Makan Apel dan Kulitnya

ADVERTISEMENT
Buah apel merupakan buah yang sehat baik untuk pendamping diet maupun untuk membantu melancarkan pencernaan.

Kulit apel yang segar dan manis bagi sebagian orang enak untuk dinikmati tanpa memakan kulitnya. Padahal, pada kulit apel terletak manfaat yang sangat besar untuk tubuh Anda. Berikut ini 3 Maaf Makan Apel dan Kulitnya :

Makan Apel
ilustrasi - Maaf Makan Apel dan Kulitnya

1. Kulit apel mengandung serat terbanyak
Kulit apel mengandung serat yang sangat tinggi. Jika Anda memakan apel tanpa mengupas kulitnya, Anda akan memperoleh 4,4 gram serat, tetapi jika Anda mengupas kulit apel, Anda hanya akan mendapat 2,2 gram serat. Apel juga dikategorikan sebagai makanan berserat tinggi.


2. Mengurangi gangguan pernapasan dan meningkatkan fungsi otak
Jika Anda memiliki gangguan pernapasan, apel bisa membantu Anda meredakan rasa sakit Anda hanya jika Anda memakan buah apel tanpa mengupas kulitnya. Senyawa yang berperan dalam mengurangi gangguan pernafasan disebut quercetin yang kebanyakan ditemukan pada kulit apel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lima buah apel atau lebih terbukti memiliki paru-paru yang sehat berkat zat quercetin. Selain itu ternyata zat ini juga mampu memperbaiki fungsi otak, salah satunya bisa meningkatkan daya ingat.


3. Mencegah kanker
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 di Cornell University mengungkap fakta bahwa zat triterpenoids yang terdapat pada apel bisa mencegah perkembangan sel kanker dan pada beberapa kasus mampu membunuh sel kanker. Zat triterpenoids dapat digunakan untuk membantu menghancurkan sel kanker yang biasa menyerang hati, kolon, dan payudara.