Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mainan? Bisa, Ini Caranya

ADVERTISEMENT
Kreativitas Anak Melalui Mainan
ilustrasi - Kreativitas Anak Melalui Mainan
Info Kesehatan,Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mainan? Bisa, Ini Caranya - Dunia anak adalah dunia bermain. Tapi sebagai orang tua, jangan sembarangan memfasilitasi permainan bagi anak. Dari mainan yang disediakan, orang tua bisa sekaligus mengembangkan kreativitas anak.

Kreativitas perlu diasah sedini mungin. Untuk mengasah kreativitas anak, mainan apa saja bisa digunakan, bahkan benda-benda di sekitar yang tidak perlu dibeli.

"Semua benda di sekitar kita juga bisa misalnya balok-balok, kertas warna warni, atau koran terus nanti dibuat bola sama dia. Apapun bisa digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak, yang penting bisa dieksplor, termasuk juga gadget dan material yang tidak bahaya tentunya," sebut psikolog anak dan keluarga RS Pondok Indah, Roslina Verauli M.Psi, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (20/11/2013).

Berbeda dengan kecerdasan, kreativitas merupakan bagian dari area kemampuan berpikir. Dengan kreativitas yang dimiliki maka akan memudahkan proses berpikir anak, yang kelak akan berguna baginya ketika memasuki dunia kerja kelak atau untuk memproduksi sesuatu untuk kemajuan hidupnya nanti.

"Kreativitas harus dikembangkan karena kreativitas tidak bisa berkembang dengan sendirinya. Kreativitas butuh dikembangkan supaya nanti ketika bekerja, si anak akan merasa lebih mudah dan dia bisa berkreasi dan beda dengan orang lain atau istilahnya punya ide yang unik," terang perempuan yang akrab disapa Vera itu. Dengan kreativitas yang dimiliki, anak akan memiliki banyak ide. Misalnya saja saat anak melihat kertas yang tidak terpakai, mereka kemudian membuatnya menjadi bola. Nah, ide mereka ini orisinil dan unik lantaran tidak mencontek ide orang lain, dan juga elaboratif.

"Dia bisa memperdalam sesuatu misalnya hanya dengan gambar lingkaran saja dia bisa bilang kalau lingkaran itu bisa dijadikan apel, jeruk, terus ada daunnya, tangkainya," lanjut staf pengajar Universitas Tarumanegara ini.

Pembaca, pada hari ini detikHealth akan mengupas tuntang tentang mainan kreatif bagi si kecil melalui ulasan khas 'Asah Kreativitas dengan Mainan'. Akan dibahas jenis mainan apa saja yang bisa digunakan untuk mengasah kreativitas anak, termasuk apakah game digital bisa digunakan sebagai sarana pengasah kreativitas si kecil.

Sumber : health.detik.com