7 Tips Aman Redakan Nyeri Gusi Saat si Kecil Mulai Tumbuh Gig

ADVERTISEMENT
ilustrasi
Info Kesehatan,7 Tips Aman Redakan Nyeri Gusi Saat si Kecil Mulai Tumbuh Gigi - Saat giginya mulai tumbuh, banyak bayi yang merasa gusinya nyeri dan sakit atau bahkan gatal. Kondisi ini pun kerap membuat orang tua sesegera mungkin membawa anaknya ke dokter.

Selain membawa si kecil ke dokter, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan orang tua untuk meredakan rasa sakit atau gatal pada gusi bayi ketika giginya sedang tumbuh :

1. Gum Massage
Hanya jari bersih yang Anda butuhkan untuk memberikan pengobatan kuno untuk sakit gigi yang dirasakan si kecil. Beri tekanan lembut pada gusi bayi untuk membantu meringankan rasa sakitnya akibat tumbuh gigi.

2. Sendok dingin
Sebuah sendok yang didinginkan di kulkas (bukan di freezer) bisa memberi bantuan yang sangat dibutuhkan si bayi saat giginya sedang sakit. Caranya, dengan menempelkan bagian bulat sendok ke gusi bayi.

3. Makanan dingin
Jika anak Anda sudah bisa mengonsumsi makanan padat, coba beri dia makanan dingin padat berupa saus apel atau yogurt yang akan membantu meringankan rasa sakit pada gusinya.

4. Alihkan perhatian
Terkadang, perubahan kegiatan atau suasana bisa membantu mengalihkan perhatian bayi dari rasa nyeri yang dirasakan, setidaknya untuk sementara. Coba mandikan si kecil dengan air hangat agar ia bisa rileks sejenak. Atau yang paling sederhana adalah ajak dia keluar rumah sembari Anda peluk hingga ia merasa nyaman.

5. Menyusu
Masing-masing bayi memiliki cara menyusu berbeda-beda. Pada beberapa anak, menyusu bisa memperparah nyeri gusi yang ia rasakan. Namun, terkadang ada juga bayi yang merasa lebih nyaman saat ia menggunakan gusinya untuk memainkan puting sang bunda. Tapi, jika bayi tak hanya sekadar memainkan puting melainkan juga kerap menggigit puting susu dengan kencang, sebaiknya gosokan jari Anda di gusinya sebelum dan sesudah ia menyusu.

6. Mainan
Untuk mengatasi giginya yang gatal, bayi suka menggigit-gigit sesuatu. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda memberi dia mainan yang aman dan bisa ia gigit misalnya mainan berbahan plastik dengan isi gel atau air. Namun, pastikan jika mainan yang Anda beri tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

7. Jangan beri roti atau sayuran kering
Bagelen yang dipanggang, kue kering, keripik, serta wortel atau pisang yang dibekukan sebaiknya tidak Anda berikan sebagai bahan gigit-gigitan anak karena bisa membuat mereka tersedak. Kecuali, makanan-makanan itu sudah dihancurkan sebelumnya. Selain makanan itu, beberapa orang percaya bahwa alkohol misalnya brendi atau wiski bisa jadi obat untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Tapi jangan coba-coba lakukan hal itu karena kita tahu sedikit alkohol saja bisa menjadi racun dan berbahaya bagi bayi.