4 Penyebab Kulit Kering

ADVERTISEMENT
Penyebab Kulit Kering
ilustrasi
Info Kesehatan,4 Penyebab Kulit Kering - Mayoritas orang pasti pernah merasakan kondisi kulit yang kering. Menurut dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit kering. Di antaranya adalah:

1. Level kelembaban
Misalnya saja pada ruangan yang berpenyejuk atau menggunakan air conditioner (AC). Pendingin udara dapat dengan cepat menyerap atau mengeringkan air dalam tubuh sehingga normal moisturizer factor (NMF) menurun.

“Di ruang ber-AC kulit cenderung kurang berminyak, padahal minyak dibutuhkan untuk membentuk sebum barrier . Jadi ketika Anda berada di ruang ber-AC seharian, luangkan waktu sejenak ke luar untuk berkeringat,” ujar Eddy.

2. Radiasi matahari
Sinar matahari dapat mempercepat turn over rate kulit, di mana kulit dipaksa untuk terkelupas sebelum waktunya. Akibatnya, kulit bagian bawah yang belum siap jadi kurang lembab.

Menurut Eddy, ada dua kandungan dalam matahari yang paling merusak kulit, yakni Ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB). UV A atau dikenal dengan UV “Aging Rays” (yang bisa masuk ke dalam bagian dermis dan menyebabkan penuaan kulit) bertanggungjawab terhadap perusakan kulit dalam jangka panjang, dan photo aging .

“Semakin besar panjang gelombang UVA, maka makin tinggi pula energinya. Oleh karenanya, meski cuaca mendung, sinar UVA akan tetap terasa kuat dan tetap bisa menyebabkan penuaan,” ujar Eddy.

Sedangkan UVB atau UV “Burning Rays” (hanya sampai epidermis dan menyebabkan kulit terbakar) bertanggungjawab terhadap sunburn dan kanker kulit. “Sinar ini kekuatannya berubah-ubah dari hari ke hari, juga bulan ke bulan. Karenanya, semakin besar panjang gelombang UVB, maka energinya juga semakin rendah.”

3. Mandi atau mencuci tubuh terlalu sering
Saat Anda mandi, terutama jika menggunakan sabun yang kandungannya keras, otomatis minyak alami tubuh juga akan terbuang. Itulah yang membuat kulit menjadi lebih kering.

4. Gaya hidup
Misalnya rokok, stres, dan diet tidak seimbang.Nah, agar kelembaban kulit Anda tetap terjaga, Eddy menyarankan agar Anda melakukan dua hal ini. Pertama, jangan mandi dengan suhu lebih dari 40 derajat Celcius, dan berkeringatlah setiap hari!