10 Fakta Mengerikan Tentang Kanker Serviks

ADVERTISEMENT

Info Kesehatan,10 Fakta Mengerikan Tentang Kanker Serviks - Anda pasti sudah sering mendengar tentang penyakit mematikan satu ini. Ya, kanker serviks adalah salah satu pembunuh utama bagi wanita. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan bagian kewanitaan Anda ya, Ladies.

Berikut ini akan diberikan beberapa fakta yang cukup mengerikan tentang kanker serviks untuk menambah wawasan Anda tentang penyakit tersebut.

1. Di Afrika Selatan, wanita yang meninggal karena kanker serviks lebih banyak daripada wanita yang meninggal karena kanker lain lho, Ladies.

2. Fakta lain menunjukkan bahwa dalam dua menit satu orang wanita di dunia meninggal karena kanker yang satu ini.

3. Kembali lagi ke Afrika Selatan, Ladies. Di sana, terdapat 6700 orang wanita menderita dan 3700 wanita meninggal karena kanker serviks.

4. Selain itu, rata-rata peluang seorang wanita mengalami kanker serviks di sana adalah satu banding 31. Wah, angka yang tidak bisa disepelekan ya, Ladies.

5. Ladies, ternyata penyebab utama dari penyakit wanita yang mematikan ini adalah sebuah virus yang bernama HPV atau human papillomavirus. Virus ini merupakan salah satu PMS atau penyakit seksual menular, Ladies. Anehnya, virus penyakit ini terdapat pada pria namun tidak menyerang mereka.

6. Fakta lainnya yaitu, sekitar 80% wanita yang aktif secara seksual memiliki risiko pada penyakit ini, Ladies, dan peluang tersebut akan meningkat seiring bertambahnya usia mereka.

7. Ladies, di antara penyakit yang lain, kanker merupakan penyakit yang sulit didiagnosa dan biasanya terlambat diketahui. Selain itu, penyakit ini merupakan penyakit yang kemungkinan sembuhnya kecil.

8. Fakta selanjutnya yaitu bahwa sekitar 20% wanita Afrika Selatan pernah mencoba pengobatan kanker serviks yang disebut Pap smear.

9. Kasus kanker serviks pada wanita di Afrika Selatan lebih banyak daripada di Western lho, Ladies. Selain itu, sebagian pengidapnya adalah remaja.

10. Fakta yang terakhir, ternyata hal-hal yang memperbesar risiko terjangkitnya kanker serviks adalah hubungan seks di usia dini, bergonta-ganti pasangan serta merokok, Ladies.

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta yang cukup mengerikan tersebut, kini Anda sebaiknya lebih berhati-hati menjaga kesehatan Anda ya, Ladies, terukanker servikstama bagian kewanitaan Anda. Selain itu yang terpenting adalah hindari rokok karena rokok adalah penyebab segala macam penyakit, termasuk kanker serviks.