Penyebab Kulit Menjadi Kasar

ADVERTISEMENT
ilustrasi
Penyebab Kulit Menjadi Kasar - Secara tak sadar kebiasaan yang kerap Anda lakukan bisa membuat kulit makin kasar dan kusam. Berikut ini kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit menjadi kasar:

1. Mandi dengan air hangat
Mandi dengan air hangat dipercaya dapat merilekskan tubuh. Tapi, mandi dengan air hangat malah akan menghilangkan pelembab alami yang terdapat pada kulit Anda.

2. Tidak memakai tabir surya
Tabir surya sebaiknya digunakan setiap hari walaupun Anda tidak bepergian ke luar rumah. Pakai tabir surya di seluruh tubuh, wajah, dan bibir.

3. Menggosok wajah dengan kasar
Jangan menggosok terlalu kuat saat mengeringkan wajah. Pastikan untuk tidak menggosok kulit wajah dengan kapas, tisu, ataupun handuk. Menggosok terlalu kuat dapat menyebabkan kulit menjadi cepat kendur.

4. Memakai peralatan make up kotor
Alat make up yang kotor bisa menjadi sumber kuman. Jika peralatan kotor itu Anda gunakan di wajah malah dapat menyebabkan iritasi dan jerawat. Sebaiknya bersihkan secara rutin semua peralatan make up seperti, spons, pinset, atau kuas.

5. Terlalu sering menyentuh wajah
Tangan yang sering menyentuh wajah bisa menjadi perantara kuman menempel di kulit wajah Anda. Bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah atau berdandan.

6. Menggaruk dan menekan kulit wajah
Kebiasaan menggaruk atau menekan kulit malah akan membuat kulit terluka yang bisa menimbulkan infeksi.

Sumber: merdeka.com