Celana Jeans Ketat Ancam Merusak Saraf

ADVERTISEMENT
Celana jeans sudah sangat familiar seperti yang biasa kita lihat, banyak orang menggunakannya untuk ke mal, kantor, atau ke sekolah.

Meskipun menjadi fashion wajib bagi sebagian orang, ternyata celana jeans yang ketat juga amat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Seorang dokter di Amerika mengungkapkan sejumlah pasiennya menderita meralgia paresthetica (kerusakan saraf serius) sebagai akibat menggunakan skinny jeans.

“Ini merupakan gangguan yang terjadi ketika salah satu saraf di bagian luar paha terjepit karena tertekan. Tekanan menyebabkan gejala kesemutan, mati rasa dan rasa sakit di kaki bagian atas,” papar Dr Karen Boyle dari Pusat Medis Baltimore kepada ABCNews.

Dr Boyle juga memperingatkan agar Anda tidak mengabaikan gejala atau rasa sakit dan tetap memilih terus menggunakan skinny jeans, karena kebiasaan ini justru akan berakhir dengan kerusakan saraf permanen.

Meskipun kebanyakan pengguna skinny jeans adalah kaum hawa, para dokter juga mengingatkan para pria untuk menghindari menggunakan jenis fashion tersebut. Selain tentunya masalah tadi, skinny jeans bisa mengurangi produksi sperma.

yang artinya celana skinny jeans tidak akan membuat anda terlihat lebih skinny (kurus) tapi justru malah membahayakan kesehatan anda. Kenapa? Karena ternyata memakai celana yang terlalu ketat akan mempengaruhi pencernaan dan mengganggu kenyamanan perut, terutama setelah makan besar. Memakai jeans ketat juga memicu penyakit sembelit.

Parahnya lagi, kram dan nyeri perut juga bisa diderita oleh para wanita yang suka mengenakan celana ketat yang berpotongan pinggang. Ini karena celana jeans jenis ini akan menghambat jalannya makanan ke usus, sehingga menyebabkan nyeri tersebut.

Menurut Dr Octaviano Bessa dari Stamford, Connecticut, “Jeans ketat dapat mengganggu mobilitas usus. Hal ini yang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Banyak orang yang tidak sadar kalau nyeri itu akibat jeans.”

Beberapa peneliti juga mengungkapkan, bahwa ternyata pemakaian skinny jeans bisa sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan masalah pada sistem syaraf yang disebut meralgia paresthetica. Gejala penyakit ini biasanya diawali dengan rasa geli atau kesemutan di daerah paha si pemakai jeans. Beberapa orang biasanya sangat rentanterhadap tekanan aliran syaraf. Dan memakai jeans ketat akan menekan aliran urat syaraf yang nantinya akan menekan syaraf normal seseorang. Hal inilah yang berbahaya. Perlu diingat, bahwa bahaya penyakit ini tidak hanya tertuju pada wanita gemuk yang memakai skinny jeans atau celana ketat saja, tapi juga berlaku untuk semua kalangan, termasuk wanita kurus.

Jadi meskipun celana ketat atau skinny jeans bisa membuat tampilan anda jadi lebih seksi, ada baiknya anda perhatikan juga sisi kesehatannya. Sebaiknya, anda lebih berhati dalam memilih celana jeans, pastikan anda memilih jeans dengan ukuran yang sesuai. Carilah ceana jeans dengan pinggang yang melar, sehingga tidak terlalu menyakitkan bagian pinggang anda. Even though beauty is pain, doesn’t mean you hurt yourself, right?
Sumber : id.she.yahoo.com &  sharingsomething-adeline.blogspot.com