3 Penyakit Yang Tersembunyi dari Gusi

ADVERTISEMENT
Sebenarnya tak hanya gigi, kesehatan gusi juga perlu diperhatikan. Dr Marjorie Jeffcoat DMD, juru bicara American Dental Association, bahkan mengatakan bahwa kesehatan gusi mencerminkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.
Terlebih, ternyata ada bahaya-bahaya tersembunyi bila gusi kita mengabaikan kebersihan dan kesehatan gusi. Apa sajakah bahaya itu? Berikut ini 3 Penyakit  Yang Tersembunyi dari Gusi :


1. Stroke dan serangan jantung
Plak gigi, bakteri yang hidup di gigi dan gusi, mungkin timbul akibat kurangnya kebersihan gigi. Plak bisa menimbulkan infeksi yang memengaruhi respons inflamasi.

Maka itu, penderita penyakit gusi seperti radang gusi atau gingivitis lebih berisiko mengalami stroke dan serangan jantung. Ada pula bukti bahwa banyak peradangan di pembuluh otak dapat membuat Anda lebih rentan terhadap stroke dan banyak peradangan dalam pembuluh ke jantung dapat membuat Anda lebih rentan terhadap serangan jantung.

2. Prematur
Perempuan yang tengah hamil rentan mengalami gingivitis yakni gusi berwarna lebih merah, lebih meradang, dan berdarah. Gingivitis bisa memburuk selama kehamilan dan telah dikaitkan dengan kelahiran prematur.

3. Diabetes
Jika Anda penderita diabetes dengan penyakit gusi kronis, ada baiknya lebih rajin memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi.

Jadi, bagaimana cara merawat gusi yang baik untuk mencegah penyakit gusi sebelum dimulai? Jeffcoat mengatakan kita diharuskan menyikat gigi 2-3 kali sehari selama 2-3 menit dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi antiplak. Gunakan dental floss sekali sehari dan bilas mulur dengan obat kumur dua kali sehari untuk mencegah gingivitis. Temui pula dokter gigi Anda dua kali setahun untuk membersihkan dan untuk mencari adanya risiko penyakit berbahaya seperti kanker mulut yang lebih sering terjadi pada perokok dan peminum.